Contoh Makalah Studi Kasus Pada kesempatahn kali ini saya akan kembali membagikan makalah tentang studi kasus. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi manakala anda mendapat tugas dari guru atau dosen Anda.Semoga contoh makalah ini bisa menjadi contoh atau perbandingan pada saat anda menyusun makalah sesuai dengan tema makalah Anda.
Bagi Anda yang sedang membutuhkan makalah ini Anda bisa mendownloadnya melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini. Contoh Makalah Studi Kasus memiliki format pdf atau .pdf. Sehingga anda bisa mengeditnya sesuai dengan yang anda inginkan.
Oke, berikut ini adalah link downloadnya :
DownloadContoh Makalah Studi Kasus .pdf
Jika anda ingin melihat previewnya, di bawah ini kami telah menulisnya untuk Anda :
ContohMakalahStudiKasus
BABI
PENDAHULUAN
Dalamkehidupannya,setiapmanusiaselaludihadapkanpadaberbagai
masalah.SalahsatudiantaranyaadalahmasalahBrokenHome.BrokenHome
adalahsuatukeadaandimanaseseorangmerasatidaknyamandengankondisi
didalamkeluarganyasendiriyangdisebabkanolehfaktortertentu.
BrokenHomedapatmenimbulkanefekyangburukbagianakapabilatidak
segeradiatasi.BrokenHomedapatdisebabkanbanyakfaktorantaralainakibat
dariorangtuayangbercerai,tidakadanyakomunikasidanketerbukaandalam
keluarga,kurangnyaperhatiandariorangtuakepadaanak,sehinggahalinidapat
memicutimbulnyasuasanaketidakharmonisandankenyamananbagianak.
Dalamkeadaanyangdemikiananakseringmerasatidaknyamandidalam
keluargaanakseringkaburdarirumah,seringbertengkardenganorangtua,dan
tidakjarangdarimerekamelampiaskankekesalannyaitukehal-halnegatifseperti
terlibatpergaulanbebassertapemakaiannarkoba.
Untukmenyelesaikanmasalahtersebutsalahsatucarabisa
diselesaikanmenggunakanteknikstudikasus.Studikasussendiridapatdiartikan
sebagaiberikut:
A.PengertianStudiKasus
1.MenurutMohamadSuryadanI.Djumhur
Studikasusadalahsuatuteknikmempelajariseorangindividusecaramendalam
untukmembantunyamemperolehpenyesuaianyanglebihbaik.
2.MenurutSayektiPujosuwarno
Denganstudikasuskitamampumengumpulkandataselengkap-lengkapnya
tentangindividu.Datatersebutdapatkitaolahatauanalisakemudianhasilnya
akandapatmerupakandugaanpermasalahandariindividuterseut,berdasarkan
semuaitumakakitadapatmelaksanakanlayananbimbingandankonseling
dengansetepatmungkin.
3.MenurutA.N.SadudanAmarjitSingh
Studikasusadalahbentukanalisakualitatifdenganmelakukanobservasiyang
cermatdanlengkaptentangseorangmanusiasatusituasiatausatulembaga.
4.MenurutS.Nasution
Studikasusadalahbentukpenelitianyangmendalamtentangaspeksuatu
lingkungansosialtermasukmanusiadidalamnya.Dalambukutersebutdijelaskan
bahwastudikasusmerupakansalahsatubentukdesainpenelitiandisamping
surveydaneksperimen.
B.Langkah-LangkahMemberikanBantuanDalamMemecahkanMasalah
MenurutI.DjumhurdanMohamadSurya.
1.LangkahIdentifikasiKasus
Langkahinidimaksudkanuntukmengenalkasusbesertagejala-gejalayang
nampak.Dalamkasusinipembimbingmencatatkasus-kasusyangperlumendapat
bimbingandanmemilihkasusmanayangakanmendapatbantuanterlebih
dahulu.
2.LangkahDiagnosa
Langkahuntukmenetapkanmasalahyangdihadapikasusbesertalatar
belakangnya.Dalamlangkahinikegiatanyangdilakukanadalahmengumpulkan
datadenganmengadakanstudikasusdenganmenggunakanberbagaiteknik
pengumpuldata.Setelahdataterkumpulkemudianditetapkanmasalahyang
diihadapibesertalatarbelakangnya.Daridatastudikasusyangterkumpul
kemudiandibuatkesimpulansementaradankesimpulaninikemudiandibicarakan
lagidalampertemuankasusuntukmenetapkanmasalahdanlatarbelakangnya.
3.LangkahPrognosa
Langkahprognosayaitulangkahuntukmenetapkanjenisbantuanapa,terapiapa
yangakandilaksanakanuntukmembimbingkasus.Langkahiniditetapkan
berdasarkankesimpulandalamlangkahdiagnosa,yaitusetelahditetapkan
masalahbesertalatarbelakangnya.Untukmenetapkanlangkahprognosaini
sebaiknyaditetapkanbersamasetelahmempertimbangkanberbagai
kemungkinandanberbagaifaktor.
4.LangkahTerapi
Langkahpelaksanaanbantuanataubimbingan.Langkahinimerupakan
pelaksanaanapa-apayangditetapkandalamlangkahprognosa.Pelaksanaanini
tentumemakanbanyakwaktudanprosesyangkontinuedansistematisserta
memerlukanadanyapengamatanyangcermat.
5.LangkahEvaluasidanFollowUp
Langkahinidimaksudkanuntukmenilaiataumengetahuisejauhmanakahlangkah
terapiyangtelahdilakukansejauhmanahasilnya.Dalamlangkahinidilihat
perkembanganselanjutnyadalamjangkawaktuyanglebihjauh.
BABII
ISILAPORAN
A.IdentifikasiKasus
Langkahinidimaksudkanuntukmengenalkasusbesertagejala-gejalayang
nampak.Dalamkasusinipembimbingmencatatkasus-kasusyangperlumendapat
bimbingandanmemilihkasusmanayangakanmendapatbantuanterlebih
dahulu.
I.PengumpulanData
a.DataPribadi:
1.Nama:siswax
2.Tempatlahir:Yogyakarta
3.Tanggallahir:20Agustus1994
4.Umur:16tahun
5.Jeniskelamin:Laki-laki
6.Agama:Islam
7.Kelas:3IPS
8.Alamat:BrajanRt.05,Rw.03,Sonosewu,Kasihan,Bantul
9.Sekolah:SMA
10.Jumlahsaudara:Anaktunggal
b.DataKeluarga:
1.Ayah:
-Namaayah:Sunaryo
-Umur:50tahun
-Pekerjaan:Wiraswasta
-Alamat:BrajanRt.05,Rw.03,Sonosewu,Kasihan,Bantul
2.Ibu:
-Namaibu:Suranti
-Umur:45tahun
-Pekerjaan:wiraswasta
-Alamat:BrajanRt.05,Rw.03,Sonosewu,Kasihan,Bantul
II.HasilWawancaradanObservasi
a.DenganGuru
Berdasarkaninformasiyangdiperolehdarigurukelasdidapatkanberbagai
keteranganbahwasiswaXmerupakansiswapendiam,kurangbergauldengan
teman-temannya,sulitmelakukanpenyesuaiandiri,seringtidakmembawa
perlengkapandanalattulis,prestasinyarendahdanmemilikitingkatemosiyang
cukuptinggi.
b.DenganWaliKelas
BerdasarkanwawancaradariwalikelasdidapatinformasibahwasiswaX
mengalamipenurunanprestasibelajaryangcukupdrastis.Dibandingkandaridata
prestasinyasewaktudikelassatumaupunkelasdua.Selainituiajugaseringtidak
masukkelastanpaizin.
c.DenganOrangTuaSiswa
Berdasarkanhasilwawancaradenganorangtuanyadidapatketeranganbahwa
merekasenantiasamencukupisemuakeinginandankebutuhananaknya.Anak
diberikankebebasanuntukbergauldengansiapasaja,memilihjalanhidupnya
sendiri,sertaorangtuanyasibukdenganpekerjaanmasing-masing.Sehingga
komunikasiantaraorangtuadengananaktidakterjagadenganbaik.
d.Dengantemandekatnya
Berdasarkanhasilwawancaradengantemandekatsiswatersebutdidapatkan
informasibahwasiswaXkurangsenangberadadirumah,diamengakubahwa
suasanadirumahnyasangatmembosankan.Orangtuayanghanyamementingkan
urusannyamasing-masing.Siswatersebutjugamengatakanialebihsukapergi
darirumah,pergikediskotik,sukamabuk-mabukkandanseringmainwanita.
e.MelaluiAngketdanSosiometri
Berdasarkanhasildaridataangketdansosiometridapatditarikkesimpulan
bahwasiswatersebuttidakbanyakdisukaiolehteman-temannya.Daniahanya
memilihbeberapatemanyangiasukai.
f.WawancaradenganKlien
Berdasarkanhasilwawancaradengankliendidapatdatabahwaklienmengaku
kalauiatidaksukadirumah,ialebihsukabermaindiluarrumahdenganteman-
temannyauntukmencarikesenangan,menghambur-hamburkanuanguntukhal
yangkurangbermanfaat.Iajugamengakubahwakeduaorangtuanyasering
bertengkarhanyagara-garahalkecil,merekajugasibukdenganpekerjaanya
masing-masing.Sehingga,tidakadawaktuuntukberkumpulbersama,mereka
tidakpernahmautahukebutuhanakankasihsayangsebagaimanaorangtuayang
lain.
Yangmerekatahuhanyalahmemberikanuangyangmerekapikiritucukup
melaksanakankewajibansebagaiorangtuaterhadapanaknya.Orangtuajuga
tidakpernahmemberikanajaranagamajuganorma-normadalammasyarakat.
g.Observasipadakilenterhadapperilakunya
Berdasarkanhasilobservasidapatdiketahuibahwaperilakuyangdilakukanoleh
klientidaksesuaidenganaturan-aturanyangberlaku.Klienjugaterlihatkurang
bersemangatdalammengikutipelajarandiSekolah,seringtidakmembawa
perlengkapansekolah,seringmelamunataumenyendiri,tidaksukabergaul
temansebayanya,dankurangbersosialisasi.
B.Diagnosa
Langkahuntukmenetapkanmasalahyangdihadapikasusbesertalatar
belakangnya.Dalamlangkahinikegiatanyangdilakukanadalahmengumpulkan
datadenganmengadakanstudikasusdenganmenggunakanberbagaiteknik
pengumpuldata.Setelahdataterkumpulkemudianditetapkanmasalahyang
diihadapibesertalatarbelakangnya.Daridatastudikasusyangterkumpul
kemudiandibuatkesimpulansementaradankesimpulaninikemudiandibicarakan
lagidalampertemuankasusuntukmenetapkanmasalahdanlatarbelakangnya.
Daridatastudikasusyangterkumpulkemudiandibuatkesimpulansementaradan
kesimpulaninikemudiandibicarakanlagidalampertemuankasusuntuk
menetapkanmasalahdanlatarbelakangnya.
Berdasarkandatapengumpulandaripermasalahanyangdihadapiklien
makadapatdidiagnosayaituanaktersebutmempunyaimasalahdalam
keluarganya(brokenhome).
C.LangkahPrognosa
Langkahprognosayaitulangkahuntukmenetapkanjenisbantuanapa,terapi
apayangakandilaksanakanuntukmembimbingkasus.Langkahiniditetapkan
berdasarkankesimpulandalamlangkahdiagnosa,yaitusetelahditetapkan
masalahbesertalatarbelakangnya.Untukmenetapkanlangkahprognosaini
sebaiknyaditetapkanbersamasetelahmempertimbangkanberbagai
kemungkinandanberbagaifaktor.
Berdasarkandaridiagnosadapatdiambillangkahprognosa,kemudiandi
kemukakanpulakemungkinan-kemungkinanlangkahselanjutnyaditempuh
untukmemberikanbantuanyaitu:
1.Memberikanarahanpadasiswatersebutuntuksenantiasaberusahauntuk
bersosialisasidanterbukadengantemandisekolahnya.
2.Memberikanarahanuntuklebihmeningkatkankomunikasidenganorang
tuanya.
3.Memberikanarahankepadaklienuntuklebihmeningkatkanketakwaannya
sertakeimanannya.
4.Menyuruhorangtuauntukdatangkesekolah.
D.LangkahTerapi
Langkahpelaksanaanbantuanataubimbingan.Langkahinimerupakan
pelaksanaanapa-apayangditetapkandalamlangkahprognosa.Pelaksanaanini
tentumemakanbanyakwaktudanprosesyangkontinuedansistematisserta
memerlukanadanyapengamatanyangcermat.
Berdasarkanprognosayangtelahditentukankemudianklienmemilihsemua
alternativepilihanuntukdilaksanakan.
1.Memberikanarahanpadasiswatersebutuntuksenantiasaberusahauntuk
bersosialisasidanterbukadengantemandisekolahnya.Haliniialakukan
dengancaramengikutikegiatan-kegiatanyangadadisekolahsepertimengikuti
ekstrakurikuler(pramuka,organisasiosis)danbelajarkelompok.
2.Memberikanarahanuntuklebihmeningkatkankomunikasidenganorang
tuanya.Alternatifiniiaaplikasikandengancaramakanmalambersamadengan
orangtua,menontontelevisibersama,liburanbersama,danberbincang-bincang
sertabercandabersamaketikaadawaktuluang.
3.Memberikanarahankepadaklienuntuklebihmeningkatkanketakwaanserta
keimanannya.Halinidiaplikasikankedalambeberapakegiatankeagamaan,yaitu
iamengikutikegiatankeagamaandisekolah,pengajiandanTPAdimasyarakat,
berusahamelaksanakansholatlimawaktusecaratertibdanseringmembacaAl
Quransetelahsholatmagrib.
4.Memanggilorangtuaklienkesekolahgunakonselormemberikanpengertian
padaorangtuaagarlebihmemberikanwaktuluangpadaanaknya,memberikan
kasihsayangyangtuluspadaanak,mengajarkannorma-normadanajaranagama.
E.LangkahEvaluasidanFollowUp
Langkahinidimaksudkanuntukmenilaiataumengetahuisejauhmanakah
langkahterapiyangtelahdilakukandansejauhmanahasilnya.Dalamlangkahini
dilihatperkembanganselanjutnyadalamjangkawaktuyanglebihjauh.
Berdasarkantreatmenyangtelahdilakukanolehklienmakakonselor
mengadakanevaluasi.Halinidilakukangunauntukmengetahuitingkat
keberhasilanpemecahanmasalahsiswa.
Berdasarkanevaluasiterhadapobservasiyangdilakukankonselorterhadap
tingkahlakuklien,didapathasilbahwasudahnampakadaperubahandidalamdiri
klien.Namunhalinibelummencapaihasilyangmaksimal,halinidibuktikanklien
belumbisamelakukanprosessosialiasidenganbaik,terkadangmasihmembolos,
dandalambergauliamasihmemilih-milihteman.
Berdasarkanhasilketerangankliendidapatjugainformasibahwaorang
tuanyadidalammemberikanbimbingandankasihsayangterhadapklienmasih
kurang.Halinidibuktikandenganpengakuandariklienbahwa,orangtuanya
masihsibukdenganpekerjaanmasing-masingdanbiasanyamerekamelupakan
waktuluanguntukberkumpulbersama.
Berhubungandenganhaltersebutkemudiankonselorberusahamenindak
lanjutikasussiswaXtersebutagarbisatuntas.Halinidilakukandengancara
konselormengadakanHomeVisithalinidilakukandengancarakonselor
datanglangsungkerumahklienuntukbertemudengankeduaorangtuaklien.
Dalamhalinikonselormemberikanarahan,pengertianpadakeduaorangtua
tersebutuntuklebihdapatmemberikankasihsayang,pendidikanagamajuga
norma-norma,sehinggadiharapkankliendapatnyamandirumah,kliendapat
meningkatkansegenappotensiyangdimilikinyadisekolah.Denganhalinidi
harapkanklienakandapattumbuhdanberkembangmenjadipribadiyangsehat
jugamampuoptimaldalamhidupnya,danyangterpentingadalahterciptanya
keharmonisansuasanadalamkeluarga.
Berdasarkankegiatanyangdilakukanolehkonselortersebut,konselor
mengadakanevaluasikembalibahwaklientelahmengalamiperubahanyang
cukupdrastishaliniditunjukandariperubahanperilakuklienmenjadilebihbaik
danpeningkatanprestasikliendisekolahmenjadilebihbaik,klientidaklagi
membolosjugasenantiasamemanfaatkanwaktusebaik-baiknya.
Berdasarkanketerangandarikliendidapatkaninformasibahwakliensudah
nyamandirumah,klienjugamengakusetelahkonselormengadakanHomevisit
orangtuanyalebihperhatianpadanya,lebihdapatterbukasatusamalaindalam
anggotakeluarganya.
BABIII
KESIMPULAN
DariisilaporandiatasmakadapatdisimpulkanbahwasiswaXyangmasih
dudukdibangkuSMAsedangmengalamimasalahBrokenHome.Haliniditandai
denganklienmengakukalauiatidaksukadirumah,ialebihsukabermaindiluar
rumahdenganteman-temannyauntukmencarikesenangan,menghambur-
hamburkanuanguntukhalyangkurangbermanfaat.Iajugamengakubahwa
keduaorangtuanyaseringbertengkarhanyagara-garahalkecil,merekajuga
sibukdenganpekerjaanyamasing-masing.
Datainidiperkuatdenganadanyaketeraangandarigurukelasyang
mengatakanbahwaklienmerupakanpribadiyangpendiam,sukarbersosialisai,
dantidakdisukaiteman-temannyakarenaiamemilikitingkatemosiyangtinggi.
Dariwalikelasmengatakanbahwaprestasiklienmenurunsangatdrastis.Orang
tuamengakubahwamerekasibukdenganpekerjaanmasing-masingdantelah
mencukupisemuakebutuhandankeinginananaknya.Daritemandekatnya
mengatakanbahwaklientidaksukadirumahdanlebihseringbermainbersama
teman-temanuntukmenghambur-hamburkanuangsertabermainwanita.Serta
datadariangketdansosiometriyangmenunjukkanbahwaklientidakdisukaioleh
teman-temannya.Hanyabeberapatemanyangmaumemilihnyadansebaliknya
klienhanyamemilihbeberapatemanyangdisukainya.
Dalammenyelesaiansuatupermasalahanseorangpembimbingmemiliki
andilyangcukupbesaruntukmenyelesaikanmasalah.DalamkasussiswaX
berdasarkandata-datayangtelahdiperolehdapatditariksuatukesimpulan
bahwasiswXmengalamimasalahyaituBrokenHome.
Dalamhalinipembimbingmemberikanbantuanuntukmenyelesaikan
permasalahanyangdihadapisiswaX.Yaitudengancaramemberikanarahan
padasiswatersebutuntuksenantiasaberusahabersosialisasidanterbukadengan
temandisekolahnya,lebihmeningkatkankomunikasidenganorangtua,
meningkatkanketaqwaannyasertakeimanannyadanmenyuruhorangtuauntuk
datangkesekolahgunauntukmemberikanmasukanpadanya.
Selainitupembimbingjugamengadakankunjunganrumah(HomeVisit)guna
memberikanarahandanmasukanpadaorangtuaklien.Untuklebihdapat
meluangkanwaktuuntukberkumpuldengananaknya,menjagakomunikasidan
keharmonisandidalamkeluarga,lebihterbukapadaanak,senantiasa
memberikanajaranagamadannorma-normayangberlakudidalammasyarakat.
Berdasarkanlangkah-langkahyangtelahdilakukanolehpembimbingdapat
dinyatakanbahwaklienmampumenyelesaiakanpermasalahannyayakniditandai
dengankliensudahmampumeningkatkanprestasi,mampumelakukanproses
sosialisasidenganteman-teman,sudahbisamengikutikegiatankeagamaan
disekolahnya,sudahmerasanyamandengansuasanadirumah,danmengisi
waktuluanguntukhal-halyangbermanfaat.
SARAN
Berdasarkanmasalahyangdialamiolehklienmakadapatdiberikansaran
sebagaiberikut:
1.Sebaiknyapembimbingsenantiasamemberikanperhatiandankasihsayang
padaseluruhpesertadidiknya.
2.Gurupembimbingsenantiasaselalumemberikanlayananinformasikepada
pesertadidik,sehinggamerekadapatmencegahtimbulnyapermasalahan.
3.Sebaiknyagurupembimbingmemberikanlayananbimbingansecaratepat
denganmenggunakanteknik-teknikyangsesuaipadapesertadidik.
Sehinggapesertadidikmampumengembangkankemampuannyasecara
optimaldanhidupsehat.
4.Gurupembimbingharusselalumengadakankerjasamadengankepala
sekolah,gurukelas,walikelas,orangtua,danmasyarakat.
5.Sebaiknyaorangtuaselalumemberikanperhatiandankasihsayangpada
anak-anaknya.
6.Dalammendidikanaksebaiknyaorangtuamenerapkanpolaasuhyang
demokrasi.
7.Sejakdiniorangtuaharussudahmengajarkannorma-normadanajaran
agamapadaanak.
8.Sebaiknyaorangtuaselalumenjagakomunikasiantaranggotakeluarga,
keharmonisandankehangatandalamkeluarga.
ContohMakalahStudiKasusII
IDENTITAS
1.IdentitasSiswi/Klien
Dalampenyusunanstudikasus,identifikasisiswiyangberkasus(klien)merupakan
tahapawalyangharusdilaluididalamprosespenyusunanstudikasus.Padasaat
inikonselormengamatiklienyangbersekolahdiSMPN1pangkalan,
Kec.Pangkalan.Kab.Karawang.
IdentifikasiDiriSiswa
NamaSiswi:IcihSuningsih
NamaPanggilan:Icih/esih
Kelas:9(Sembilan)B
Tempat/tgl.Lahir:karawang10september1998
Agama:Islam
JenisKelamin:Perempuan
Alamat:DesaWargasetra,Rt03/Rw05.Kec.TegalWaru.
Kab.Karawang
Sekolah:SMPN1Pangkalan.Karawang
Hobby:Olahraga
Jumlahsaudara:3(tiga)
Anakke:2(dua)
KeadaanKesehatan
Penglihatan:Normal
Pendengaran:Normal
Pembicaraan:AgakCedal
Potensijasmani:Normal
FasilitasBelajardanPendukung
Kelengkapanbelajar
Bukupaket:lengkap
Bukucatatan:lengkap
Ruangbelajar:tidakpunya
Bimbingan
Dariayah:pernah
Dariibu:selalu
Darisaudara:selalu
Waktubelajar:-waktubelajarkurangteratur.
belajarjikadisuruhorangtua.
KelakuandanprestasiKlien
Sikappadateman:Cukupbaik,tidakmembeda-bedakanteman.
Sikappadaguru:CukupBaik,tapimasihmerasaseganuntukbertanya.
Prestasi:Kurangbaik/lambat,prestasirendah.
2.IdentifikasiOrangTua
Namalengkap:UjangMuksin
Umur/TTL:39tahun/Karawang,7April1969
Pendidikan:SMP
Pekerjaan:Buruh
Hubungandengananak:Anakkandung
Alamat:DesaWargasetra,Rt03/Rw05.Kec.TegalWaru.
Kab.Karawang
Namalengkap:Dini
Umur/TTL:31tahun/Karawang,28Agustus1977
Pendidikan:SD
Pekerjaan:Iburumahtangga
Alamat:DesaWargasetra,Rt03/Rw05.Kec.TegalWaru.
Kab.Karawang
Perumahan
Klientinggalbersamaayah,ibu,AdikdankakaknyadalamlingkunganDesa
Wargasetra,Rt03/Rw05.Kec.TegalWaru.Kab.KarawangDalamlingkungan
tempattinggalnyatersebuthubunganbertetanggacukupbagus.Halini
mendukungperkembangansosialklienuntukberinteraksidenganlingkungan
masyarakatdisekitartempattinggalsiswaberada.
Tingkatpendidikandanekonomimasyarakatdidesatempattinggalnyatergolong
menengahkebawah.Sebagianbesarwargadidaerahtempattinggalsiswa
bekerjasebagaiburuhserabutandanpetani.
BABII
GambaranMasalah
Dalampenyusunanstudikasus,identifikasisiswayangberkasus(klien)
merupakantahapawalyangharusdilaluididalamprosespenyusunanstudi
kasus.PadasaatinikonselormengamatiklienIcihSuningsihseorangmurid
perempuanyangbersekolahdiSMPN1pangkalandalambeberapaminggu
terakhir(klien)kelihatannyamurungtidakbergairahuntukbelajarbahkanuntuk
beberapanilaipelajarannyaturundisampingitu,anaktersebutcepatmerasa
tersinggungapabiladitegursamatemannyaditambahlagiseringterlambat
masukkelas,olehsalahseoranggurunyasudahdipanggildansudahdi
peringatkannamunbelummembawakanhasil.
Gejala-gejalayangnampakjelaspadadirikliendiantaranyasebagaiberikut:
GejalayangBersifatPositif,
Gejalayangbersifatpositifadalahsikapatauperbuatanyangdapat
membantudanmeningkatkanprosesbelajarmengajarpadadiriklien.Gejala-
gejalatersebutdiantaranya:
Rajinmengikutikegiatansekolah
Tidaksukamembolossekolah
Rajinmengerjakantugas/PR
Gejala-gejalayangBersifatNegatif,
Gejalayangbersifatnegatifadalahsikapatauperbuatanyangkurangbaikdi
tunjukanbeberapamingguterakhir,yangdapatmenggangguprosesbelajar
mengajarpadadiriklien.Gejalatersebutdiantaranya:
Seringterlihatmurung,tidakbergairahuntukbelajar
Cepatmerasatersinggungapabiladitegursamatemannya
SeringterlambatmasukKelas
Beberapanilaipelajarannyaturun
Bertindaksemaunyasendiri
PengumpulanData
Prosespengumpulandatamengenaisiswayangberkasus(klien)dilakukan
denganberbagaipendekatan.Dalamstudikasusinipendekatanataucarayang
digunakanolehkonselordalamrangkapengumpulandatatentangsiswayang
bermasalahialahsebagaiberikut:
BerdasarkanPengamatandiSekolah
Kepribadian:
Sebelumnyapribadi(klien)baik,selalusemangatdalammengikutimata
pelajaran,danbahakannilaipelajarannyabaik,walaupuncenderungmudah
putusasa,kurangtelitidalammengerjakansesuatudansemuakeinginannyaingin
selaludituruti.namunsiswiini(klien)tidakpernahmemilih-milihteman.
TingkahLaku:
Tingkahlakukliendirumahmenunjukkansikapyangcukupbaik.Iajugasangat
patuhterhadapperaturansekolah.Iatermasuksiswayangdisiplinbaikdalam
piketnya,datangkesekolahataumengikutikegiatan-kegiatansekolahlainnya,
ramahterhadaplingkungansekolahmaupundidalamkelas.
PerkembanganJasmani:
Perkembanganjasmanikliencukupbaik.Klienmemilikifisikyangnormaldan
samasepertiteman-temanseusianya,bahkantermasukanakyangcukuplincah
danenergik.
Klienpatuhdanhormatdenganguru-gurudisekolah.:
Dalamkesehariannya,klienterlihatmemilkirasatidakpercayadiriuntuk
mengutarakanisihatinyaketikaadamateripelajaranyangbelumiapahami.Pada
saatgurumemberikesempatankepadasiswauntukbertanyakliencenderung
untukmemilihdiamsaja.Iatidakberaniangkattanganuntukbertanya.
BerdasarkanWawancara
LatarBelakangKeluarga
Berdasarkanwawancaradenganorangtuaklien,klienadalahanakkedua
daritigabersaudara.Ayahnyabekerjasebagaiburuhserabutan.Ibunyasebagai
iburumahtangga.KliendankeluarganyatinggaldilingkungandesaWargasetra,
Kec.TegalwaruKab.Karawang.Rumahnyatergolongsedangdansederhana.Di
dalamlingkungandesatersebutklientidakmengalamihambatandalam
berinteraksidenganlingkungantempattinggalnya,sehinggahubungan
bertetangganyapuncukupbaikdanakrab.
Minat
Minatklienterhadapkegiatansekolahyangberhubungandenganmasalah
pelajarancukupbaikwalaupunsecaraintelektualklientertinggaldenganteman
yanglain-lainnya.Halinidapatdilihatdaripresensiklienyangtidakpernah
membolosdanselalumasuksekolah.
HobiSiswa
Siswamemilikihobibermainvolidirumahmaupunsekolah.Kadangwaktu
luangnyaseringdimanfaatkanataudigunakanuntukbermainvolidaripada
mempelajarikembalipelajaranyangsudahditerangkandisekolah.
DIAGNOSIS
MasalahyangdihadapisiswiSMPsangatlahkompleksdanbanyakfaktor
yangdapatmenyebabkantimbulnyamasalah.Faktortersebutdapatberasaldari
dirisendiri,keluargaataulingkungan.Begitupulayangdialamiklien.Adabanyak
faktoryangmenimbulkanmasalahpadadiriklien,diantaranyaadalahsebagai
berikut:
FaktoryangBerasaldariDiriSendiri
Motivasiyangkurang
Anakkurangmaubekerjakerasagarterbiasadalampelajaran.
Anaktidakmaumenelitikembalihasilpekerjaannya.
Anakterlalumanja.
Semuakeinginanyaharusdipenuhi
FaktordariLingkunganKeluarga
Kurangbimbinganorangtuasaatbelajar.
Terlaludimanjadenganselalumenurutikeinginanklien
Pelanggaran-pelangaranklienkurangmendapattegurandariorangtua.
FaktoryangBersumberdariLingkunganSekolah
Kurangterbukakepadaguru.
Kurangterbukakepadatemansatulingkungansekolah
Sikapmudahputusasadalampelajaranmaupundalamhallain.
Luarsekolahataumasyarakat
Kurangmemanfaatkanwaktuluang,waktuhanyadigunakanuntuk:
NontonTV
Pacaran
Mengikutikemajuantekhnologi
MengikutikemajuanPasion
Daririnciandiatasdapatdisimpulkanberbagaihalyangmenyebabkan
permasalahanpadaklien.Permasalahantersebutberasaldaridirikliensendiri,
keadaankeluargadanlingkungansekitarsangatberpengaruhterhadapsikapdan
dayatangkapbelajarsiswa.Dapatditarikkesimpulanyangterjadipadadiriklien
disebabkanoleh:
Kurangminatbelajar.
Bimbingandariorangtuakurang.
Pengaruhkemajuanteknologi
Anggotakeluargaterlalumemanjakannya.
Keinginannyabelumterpenuhi
Hal-haltersebutberpengaruhterhadapklienyangmenyebabkanklien
kurangtertarikpadapelajarandanmalasbelajaratauberpikiruntukmengerjakan
tugasyangdibebankankepadanya,bahkanuntukberpikirbersosialdenganramah
dilingkungansekolahsajahtidakterjamah.
C.PROGNOSIS
LangkahMemecahkanPersoalanTersebut
Mengajakklienberbincang-bincangmengenaimasalahyangdihadapinya
sehinggamemudahkankonseloruntukmegetahuipribadisiswidanmasalahyang
sedangdihadapinyasertamempermudahmemberikanbantuandanbimbingan.
Memberibimbinganyangluaspadaklienyangberhungandenganpendidikan
sehinggadapatmenimbulkanminatdanmotivasiuntukmeningkatkansemangat
belajardarisiswi/klienyangbermasalahtersebut.
Memberipengarahanpadaklienbahwasikapnyayangsemaunyasendiri
menimbulkankerugianpadadirinyasendirimaupunterhadaporanglaindi
sekitarnya.
Memberikanpengarahandanpenjelasanagarklienmemeperhatikanpenjelasan
dariguru.Sertatidakmudahmenyerahbilamengalamikesulitanbelajar.
Menasehatiklienagartidaktelalumanjapadasiapapunterutamakepadakedua
orangtuasiswa/klienyangbermasalahtersebut.
Menasihatiklienagarlebihrajinbelajar.
Mendatangirumahorangtuanyadengantujuanbersilaturahmidanpenuh
kekeluargaansesuaidenganhaditsRasulluwlohsaw,yangdiriwayatkanoleh
bukhorimuslim,yangartinya:
Barangsiapayangberimankepadaallahdanhariakhir,makahendaklah
memuliaikantetangganya.(BukhoriMuslim)
Setelahbertemudenganorangtuanyyakemudiandipertanyakanperkara
permasalahanyangdihadapiolehanaknya,hanyasajahdalampenyampaiannya
haruspenuhkehati-hatiankhawatirakanorangtuanyatidakmenerima
kedatangankita.Halinitertuangdalamal-quransurahal-maidahayat2yang
artinya:
Dansalingtolongmenolonglahkamusekaliandidalamhalkebaikandantaqwa
danjanganlahsalingtolongmenolongdidalamdosadanpermusuhan(Al-
Maidah:02)
Jadipihakkitaberkewajibanmenanyakanhalikhwalperilakuanaknya
dengankejadiantersebutdapatdiambiljalanpemecahannyasambilmenanyakan
kepadasianakmengapabersikapmurungtakbergairah.Artinyakitabisa
menyikapikarakterristiksianakmengapabersikapmurung,kalaumemangada
permasalahanpribadisianakapayangterjadibisalangsungdipertanyakan,
apabilasianaksecaratertutuptidakbisamengugkapkan,makadicarijalan
denganmenanyakankepadarekan-rekannyabaikdalam1kelas1lingkungan
temandanrekanlain(pacar).Sebabyangmenjadikekhawatiranpihakkitatakut
orangtuanyalangsungmengambiltindakanyangtidakkitainginkankita
mendatangikeluargaaankperempuanitukarnaterdesitdalamsebuahhadits
menyatakan:
Tidaksempurnaimanseseorang,sehinggadiamencintaisaudaranyaituseperti
diamencintaidirinyasendiri.
Jikakitasudahseringberkunjung,akanterbinalahrasakasihsayanghingga
lebihmencintaisaudarakitaitusebagaimanakitamencintaidirikitasendiri.
Selainituwajibbagikitasebagaiorangtuasesuaidenganhaditsrasulluwlohsaw
yangberbunyi:hakdankewajibansebagaiorangtuaadatiga(3),yangpertama
(1)memberinamayangbaguskepadasianakketikadiadilahirkankedua(2),
memberikanilmudenganjalanmenyekolahkandanmemasukankepesantren
tetkaladiaberakal,ketiga(3)menikahkananaknyadenganlaki-lakiatau
perempuanyangsekiranyabaikdalampenilaiankekeluargaan,keagamaandan
ketampananapabiladiasudahmencapaiusiadewasa(Bukhorimuslim).Dalam
menyikapihaliniorangtuawajibselalumengawasidanmemeriksakankeadaan
pribadisianakdalammasadisekolahapabilamenemukansikapanakprilakuyang
berbedadarikebiasaanadatistiadatkebiasaansehari-harinyaperludisikapidan
dipertanyakansebagaicontohyangbiasaprikauhidupnyabersikapbaikdan
sopantapiadaperubahanpadadirinyabersikapacuhtakacuhmakaperludiambil
jalandengancara(1).Menanyakanapayangterjadisesungguhnyapadadirianak
itubilakitaengganuntukmenanyakanlangsungakansikapanaktersebutmaka
kitaberkewajibanbertanyakepadarekan-rekannyasianaktersebut.Denganjalan
demikiankitadapatmengambilsolusidanpemecahanmasalhnyasertaseraya
mendatangipiahaksekolahagarkitaterbebasdaribebansesuai,karnasekolah
merupakanpusatkegiatanmasyarakat.semuakegiatankemasyarakatandapatdi
tanaganididalamnyaolehpungsionalissekolahtermasukpulakenakalanremaja.
Antaraorangtua,lembagamasyrakatdanpungsionalissekolahharussalingbantu
membantudidalammengatasiberbagaipermasalahanremaja.Pembinaan
masyarakatyangsistemmatisdapatdilakukanmelaluipenyiapankader-kader
masyarakat,organisasipemuda,tenagaintelektual,suakrelawandanlain
sebaginya.Semuaituditujukanuntukmeningkatkanpendidikansebaianorang
tuayangbelummengertikewajibannyasebagaiorangtua,sertasebagianremaja
yangbelummengetahuipulatentangkewajibanmerekaterhadapkeduaorang
tuanya,lehkarnaitupadamubaligdanmubaligohsebagaipemberipenyidikandi
masyarakathendaklahdapatmemberikankesankepadapararemajabahwa
agamamerupakankebutuhanutamauntukmenentramkanhatimereka.Sesuai
denganpirmanAllahdidalamsuratArraruayat28yangartinya:
Ingatlahdenganmengingatallahakantentramlahhati(ArRun:28)
BABIII
PENUTUP
Kesimpulan
Masalahyangdihadapisiswidalamkasusiniadalahterlalumanjadansetiap
mempunyaikeinginanharusselaluterpenuhi,mempunyaisikapsemaunya
sendiri,terlebihnyalagisiswitersebutkurangmendapatkanbimbinganbelajar,
danterlaludimanjaolehkeduaorangtuanya.
Saran
Dalammenyelesaikansuatumasalah,haruslahdifikirkandandirencanakan
secaramatang,langkah-langkahyangditempuhharusdilakukandengansabar,
tekundanberkesinambungan.
sumber:http://contohmakalahdocx.blogspot.com/2015/02/contoh-makalah-studi-kasus.html
0 komentar:
Posting Komentar