Rabu, 28 Juni 2017

Contoh Makalah Study Kasus Yang benar

Contoh Makalah Studi Kasus Pada kesempatahn kali ini saya akan kembali membagikan makalah tentang studi kasus. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi manakala anda mendapat tugas dari guru atau dosen Anda.Semoga contoh makalah ini bisa menjadi contoh atau perbandingan pada saat anda menyusun makalah sesuai dengan tema makalah Anda.



Contoh Makalah Study Kasus Yang benarContoh Makalah Study Kasus Yang benarContoh Makalah Study Kasus Yang benarContoh Makalah Study Kasus Yang benarContoh Makalah Study Kasus Yang benarContoh Makalah Study Kasus Yang benarContoh Makalah Study Kasus Yang benarContoh Makalah Study Kasus Yang benarContoh Makalah Study Kasus Yang benar



Bagi Anda yang sedang membutuhkan makalah ini Anda bisa mendownloadnya melalui link yang telah kami sediakan di bawah ini. Contoh Makalah Studi Kasus memiliki format pdf atau .pdf. Sehingga anda bisa mengeditnya sesuai dengan yang anda inginkan.











Oke, berikut ini adalah link downloadnya :



DownloadContoh Makalah Studi Kasus .pdf



Jika anda ingin melihat previewnya, di bawah ini kami telah menulisnya untuk Anda :



ContohMakalahStudiKasus









BABI



PENDAHULUAN



Dalamkehidupannya,setiapmanusiaselaludihadapkanpadaberbagai



masalah.SalahsatudiantaranyaadalahmasalahBrokenHome.BrokenHome



adalahsuatukeadaandimanaseseorangmerasatidaknyamandengankondisi



didalamkeluarganyasendiriyangdisebabkanolehfaktortertentu.



BrokenHomedapatmenimbulkanefekyangburukbagianakapabilatidak



segeradiatasi.BrokenHomedapatdisebabkanbanyakfaktorantaralainakibat



dariorangtuayangbercerai,tidakadanyakomunikasidanketerbukaandalam



keluarga,kurangnyaperhatiandariorangtuakepadaanak,sehinggahalinidapat



memicutimbulnyasuasanaketidakharmonisandankenyamananbagianak.



Dalamkeadaanyangdemikiananakseringmerasatidaknyamandidalam



keluargaanakseringkaburdarirumah,seringbertengkardenganorangtua,dan



tidakjarangdarimerekamelampiaskankekesalannyaitukehal-halnegatifseperti



terlibatpergaulanbebassertapemakaiannarkoba.



Untukmenyelesaikanmasalahtersebutsalahsatucarabisa



diselesaikanmenggunakanteknikstudikasus.Studikasussendiridapatdiartikan



sebagaiberikut:





A.PengertianStudiKasus



1.MenurutMohamadSuryadanI.Djumhur



Studikasusadalahsuatuteknikmempelajariseorangindividusecaramendalam



untukmembantunyamemperolehpenyesuaianyanglebihbaik.



2.MenurutSayektiPujosuwarno



Denganstudikasuskitamampumengumpulkandataselengkap-lengkapnya



tentangindividu.Datatersebutdapatkitaolahatauanalisakemudianhasilnya



akandapatmerupakandugaanpermasalahandariindividuterseut,berdasarkan



semuaitumakakitadapatmelaksanakanlayananbimbingandankonseling



dengansetepatmungkin.



3.MenurutA.N.SadudanAmarjitSingh



Studikasusadalahbentukanalisakualitatifdenganmelakukanobservasiyang



cermatdanlengkaptentangseorangmanusiasatusituasiatausatulembaga.



4.MenurutS.Nasution



Studikasusadalahbentukpenelitianyangmendalamtentangaspeksuatu



lingkungansosialtermasukmanusiadidalamnya.Dalambukutersebutdijelaskan



bahwastudikasusmerupakansalahsatubentukdesainpenelitiandisamping



surveydaneksperimen.





B.Langkah-LangkahMemberikanBantuanDalamMemecahkanMasalah



MenurutI.DjumhurdanMohamadSurya.



1.LangkahIdentifikasiKasus



Langkahinidimaksudkanuntukmengenalkasusbesertagejala-gejalayang



nampak.Dalamkasusinipembimbingmencatatkasus-kasusyangperlumendapat



bimbingandanmemilihkasusmanayangakanmendapatbantuanterlebih



dahulu.



2.LangkahDiagnosa



Langkahuntukmenetapkanmasalahyangdihadapikasusbesertalatar



belakangnya.Dalamlangkahinikegiatanyangdilakukanadalahmengumpulkan



datadenganmengadakanstudikasusdenganmenggunakanberbagaiteknik



pengumpuldata.Setelahdataterkumpulkemudianditetapkanmasalahyang



diihadapibesertalatarbelakangnya.Daridatastudikasusyangterkumpul



kemudiandibuatkesimpulansementaradankesimpulaninikemudiandibicarakan



lagidalampertemuankasusuntukmenetapkanmasalahdanlatarbelakangnya.



3.LangkahPrognosa



Langkahprognosayaitulangkahuntukmenetapkanjenisbantuanapa,terapiapa



yangakandilaksanakanuntukmembimbingkasus.Langkahiniditetapkan



berdasarkankesimpulandalamlangkahdiagnosa,yaitusetelahditetapkan





masalahbesertalatarbelakangnya.Untukmenetapkanlangkahprognosaini



sebaiknyaditetapkanbersamasetelahmempertimbangkanberbagai



kemungkinandanberbagaifaktor.



4.LangkahTerapi



Langkahpelaksanaanbantuanataubimbingan.Langkahinimerupakan



pelaksanaanapa-apayangditetapkandalamlangkahprognosa.Pelaksanaanini



tentumemakanbanyakwaktudanprosesyangkontinuedansistematisserta



memerlukanadanyapengamatanyangcermat.



5.LangkahEvaluasidanFollowUp



Langkahinidimaksudkanuntukmenilaiataumengetahuisejauhmanakahlangkah



terapiyangtelahdilakukansejauhmanahasilnya.Dalamlangkahinidilihat



perkembanganselanjutnyadalamjangkawaktuyanglebihjauh.





BABII



ISILAPORAN



A.IdentifikasiKasus



Langkahinidimaksudkanuntukmengenalkasusbesertagejala-gejalayang



nampak.Dalamkasusinipembimbingmencatatkasus-kasusyangperlumendapat



bimbingandanmemilihkasusmanayangakanmendapatbantuanterlebih



dahulu.



I.PengumpulanData



a.DataPribadi:



1.Nama:siswax



2.Tempatlahir:Yogyakarta



3.Tanggallahir:20Agustus1994



4.Umur:16tahun



5.Jeniskelamin:Laki-laki



6.Agama:Islam



7.Kelas:3IPS



8.Alamat:BrajanRt.05,Rw.03,Sonosewu,Kasihan,Bantul



9.Sekolah:SMA



10.Jumlahsaudara:Anaktunggal





b.DataKeluarga:



1.Ayah:



-Namaayah:Sunaryo



-Umur:50tahun



-Pekerjaan:Wiraswasta



-Alamat:BrajanRt.05,Rw.03,Sonosewu,Kasihan,Bantul



2.Ibu:



-Namaibu:Suranti



-Umur:45tahun



-Pekerjaan:wiraswasta



-Alamat:BrajanRt.05,Rw.03,Sonosewu,Kasihan,Bantul



II.HasilWawancaradanObservasi



a.DenganGuru



Berdasarkaninformasiyangdiperolehdarigurukelasdidapatkanberbagai



keteranganbahwasiswaXmerupakansiswapendiam,kurangbergauldengan



teman-temannya,sulitmelakukanpenyesuaiandiri,seringtidakmembawa



perlengkapandanalattulis,prestasinyarendahdanmemilikitingkatemosiyang



cukuptinggi.





b.DenganWaliKelas



BerdasarkanwawancaradariwalikelasdidapatinformasibahwasiswaX



mengalamipenurunanprestasibelajaryangcukupdrastis.Dibandingkandaridata



prestasinyasewaktudikelassatumaupunkelasdua.Selainituiajugaseringtidak



masukkelastanpaizin.



c.DenganOrangTuaSiswa



Berdasarkanhasilwawancaradenganorangtuanyadidapatketeranganbahwa



merekasenantiasamencukupisemuakeinginandankebutuhananaknya.Anak



diberikankebebasanuntukbergauldengansiapasaja,memilihjalanhidupnya



sendiri,sertaorangtuanyasibukdenganpekerjaanmasing-masing.Sehingga



komunikasiantaraorangtuadengananaktidakterjagadenganbaik.



d.Dengantemandekatnya



Berdasarkanhasilwawancaradengantemandekatsiswatersebutdidapatkan



informasibahwasiswaXkurangsenangberadadirumah,diamengakubahwa



suasanadirumahnyasangatmembosankan.Orangtuayanghanyamementingkan



urusannyamasing-masing.Siswatersebutjugamengatakanialebihsukapergi



darirumah,pergikediskotik,sukamabuk-mabukkandanseringmainwanita.





e.MelaluiAngketdanSosiometri



Berdasarkanhasildaridataangketdansosiometridapatditarikkesimpulan



bahwasiswatersebuttidakbanyakdisukaiolehteman-temannya.Daniahanya



memilihbeberapatemanyangiasukai.



f.WawancaradenganKlien



Berdasarkanhasilwawancaradengankliendidapatdatabahwaklienmengaku



kalauiatidaksukadirumah,ialebihsukabermaindiluarrumahdenganteman-



temannyauntukmencarikesenangan,menghambur-hamburkanuanguntukhal



yangkurangbermanfaat.Iajugamengakubahwakeduaorangtuanyasering



bertengkarhanyagara-garahalkecil,merekajugasibukdenganpekerjaanya



masing-masing.Sehingga,tidakadawaktuuntukberkumpulbersama,mereka



tidakpernahmautahukebutuhanakankasihsayangsebagaimanaorangtuayang



lain.



Yangmerekatahuhanyalahmemberikanuangyangmerekapikiritucukup



melaksanakankewajibansebagaiorangtuaterhadapanaknya.Orangtuajuga



tidakpernahmemberikanajaranagamajuganorma-normadalammasyarakat.



g.Observasipadakilenterhadapperilakunya



Berdasarkanhasilobservasidapatdiketahuibahwaperilakuyangdilakukanoleh



klientidaksesuaidenganaturan-aturanyangberlaku.Klienjugaterlihatkurang





bersemangatdalammengikutipelajarandiSekolah,seringtidakmembawa



perlengkapansekolah,seringmelamunataumenyendiri,tidaksukabergaul



temansebayanya,dankurangbersosialisasi.









B.Diagnosa



Langkahuntukmenetapkanmasalahyangdihadapikasusbesertalatar



belakangnya.Dalamlangkahinikegiatanyangdilakukanadalahmengumpulkan



datadenganmengadakanstudikasusdenganmenggunakanberbagaiteknik



pengumpuldata.Setelahdataterkumpulkemudianditetapkanmasalahyang



diihadapibesertalatarbelakangnya.Daridatastudikasusyangterkumpul



kemudiandibuatkesimpulansementaradankesimpulaninikemudiandibicarakan



lagidalampertemuankasusuntukmenetapkanmasalahdanlatarbelakangnya.



Daridatastudikasusyangterkumpulkemudiandibuatkesimpulansementaradan



kesimpulaninikemudiandibicarakanlagidalampertemuankasusuntuk



menetapkanmasalahdanlatarbelakangnya.



Berdasarkandatapengumpulandaripermasalahanyangdihadapiklien



makadapatdidiagnosayaituanaktersebutmempunyaimasalahdalam



keluarganya(brokenhome).





C.LangkahPrognosa



Langkahprognosayaitulangkahuntukmenetapkanjenisbantuanapa,terapi



apayangakandilaksanakanuntukmembimbingkasus.Langkahiniditetapkan



berdasarkankesimpulandalamlangkahdiagnosa,yaitusetelahditetapkan



masalahbesertalatarbelakangnya.Untukmenetapkanlangkahprognosaini



sebaiknyaditetapkanbersamasetelahmempertimbangkanberbagai



kemungkinandanberbagaifaktor.



Berdasarkandaridiagnosadapatdiambillangkahprognosa,kemudiandi



kemukakanpulakemungkinan-kemungkinanlangkahselanjutnyaditempuh



untukmemberikanbantuanyaitu:



1.Memberikanarahanpadasiswatersebutuntuksenantiasaberusahauntuk



bersosialisasidanterbukadengantemandisekolahnya.



2.Memberikanarahanuntuklebihmeningkatkankomunikasidenganorang



tuanya.



3.Memberikanarahankepadaklienuntuklebihmeningkatkanketakwaannya



sertakeimanannya.



4.Menyuruhorangtuauntukdatangkesekolah.





D.LangkahTerapi



Langkahpelaksanaanbantuanataubimbingan.Langkahinimerupakan



pelaksanaanapa-apayangditetapkandalamlangkahprognosa.Pelaksanaanini



tentumemakanbanyakwaktudanprosesyangkontinuedansistematisserta



memerlukanadanyapengamatanyangcermat.



Berdasarkanprognosayangtelahditentukankemudianklienmemilihsemua



alternativepilihanuntukdilaksanakan.



1.Memberikanarahanpadasiswatersebutuntuksenantiasaberusahauntuk



bersosialisasidanterbukadengantemandisekolahnya.Haliniialakukan



dengancaramengikutikegiatan-kegiatanyangadadisekolahsepertimengikuti



ekstrakurikuler(pramuka,organisasiosis)danbelajarkelompok.



2.Memberikanarahanuntuklebihmeningkatkankomunikasidenganorang



tuanya.Alternatifiniiaaplikasikandengancaramakanmalambersamadengan



orangtua,menontontelevisibersama,liburanbersama,danberbincang-bincang



sertabercandabersamaketikaadawaktuluang.



3.Memberikanarahankepadaklienuntuklebihmeningkatkanketakwaanserta



keimanannya.Halinidiaplikasikankedalambeberapakegiatankeagamaan,yaitu



iamengikutikegiatankeagamaandisekolah,pengajiandanTPAdimasyarakat,





berusahamelaksanakansholatlimawaktusecaratertibdanseringmembacaAl



Quransetelahsholatmagrib.



4.Memanggilorangtuaklienkesekolahgunakonselormemberikanpengertian



padaorangtuaagarlebihmemberikanwaktuluangpadaanaknya,memberikan



kasihsayangyangtuluspadaanak,mengajarkannorma-normadanajaranagama.



E.LangkahEvaluasidanFollowUp



Langkahinidimaksudkanuntukmenilaiataumengetahuisejauhmanakah



langkahterapiyangtelahdilakukandansejauhmanahasilnya.Dalamlangkahini



dilihatperkembanganselanjutnyadalamjangkawaktuyanglebihjauh.



Berdasarkantreatmenyangtelahdilakukanolehklienmakakonselor



mengadakanevaluasi.Halinidilakukangunauntukmengetahuitingkat



keberhasilanpemecahanmasalahsiswa.



Berdasarkanevaluasiterhadapobservasiyangdilakukankonselorterhadap



tingkahlakuklien,didapathasilbahwasudahnampakadaperubahandidalamdiri



klien.Namunhalinibelummencapaihasilyangmaksimal,halinidibuktikanklien



belumbisamelakukanprosessosialiasidenganbaik,terkadangmasihmembolos,



dandalambergauliamasihmemilih-milihteman.



Berdasarkanhasilketerangankliendidapatjugainformasibahwaorang



tuanyadidalammemberikanbimbingandankasihsayangterhadapklienmasih





kurang.Halinidibuktikandenganpengakuandariklienbahwa,orangtuanya



masihsibukdenganpekerjaanmasing-masingdanbiasanyamerekamelupakan



waktuluanguntukberkumpulbersama.



Berhubungandenganhaltersebutkemudiankonselorberusahamenindak



lanjutikasussiswaXtersebutagarbisatuntas.Halinidilakukandengancara



konselormengadakanHomeVisithalinidilakukandengancarakonselor



datanglangsungkerumahklienuntukbertemudengankeduaorangtuaklien.



Dalamhalinikonselormemberikanarahan,pengertianpadakeduaorangtua



tersebutuntuklebihdapatmemberikankasihsayang,pendidikanagamajuga



norma-norma,sehinggadiharapkankliendapatnyamandirumah,kliendapat



meningkatkansegenappotensiyangdimilikinyadisekolah.Denganhalinidi



harapkanklienakandapattumbuhdanberkembangmenjadipribadiyangsehat



jugamampuoptimaldalamhidupnya,danyangterpentingadalahterciptanya



keharmonisansuasanadalamkeluarga.



Berdasarkankegiatanyangdilakukanolehkonselortersebut,konselor



mengadakanevaluasikembalibahwaklientelahmengalamiperubahanyang



cukupdrastishaliniditunjukandariperubahanperilakuklienmenjadilebihbaik



danpeningkatanprestasikliendisekolahmenjadilebihbaik,klientidaklagi



membolosjugasenantiasamemanfaatkanwaktusebaik-baiknya.





Berdasarkanketerangandarikliendidapatkaninformasibahwakliensudah



nyamandirumah,klienjugamengakusetelahkonselormengadakanHomevisit



orangtuanyalebihperhatianpadanya,lebihdapatterbukasatusamalaindalam



anggotakeluarganya.





BABIII



KESIMPULAN



DariisilaporandiatasmakadapatdisimpulkanbahwasiswaXyangmasih



dudukdibangkuSMAsedangmengalamimasalahBrokenHome.Haliniditandai



denganklienmengakukalauiatidaksukadirumah,ialebihsukabermaindiluar



rumahdenganteman-temannyauntukmencarikesenangan,menghambur-



hamburkanuanguntukhalyangkurangbermanfaat.Iajugamengakubahwa



keduaorangtuanyaseringbertengkarhanyagara-garahalkecil,merekajuga



sibukdenganpekerjaanyamasing-masing.



Datainidiperkuatdenganadanyaketeraangandarigurukelasyang



mengatakanbahwaklienmerupakanpribadiyangpendiam,sukarbersosialisai,



dantidakdisukaiteman-temannyakarenaiamemilikitingkatemosiyangtinggi.



Dariwalikelasmengatakanbahwaprestasiklienmenurunsangatdrastis.Orang



tuamengakubahwamerekasibukdenganpekerjaanmasing-masingdantelah



mencukupisemuakebutuhandankeinginananaknya.Daritemandekatnya



mengatakanbahwaklientidaksukadirumahdanlebihseringbermainbersama



teman-temanuntukmenghambur-hamburkanuangsertabermainwanita.Serta



datadariangketdansosiometriyangmenunjukkanbahwaklientidakdisukaioleh





teman-temannya.Hanyabeberapatemanyangmaumemilihnyadansebaliknya



klienhanyamemilihbeberapatemanyangdisukainya.



Dalammenyelesaiansuatupermasalahanseorangpembimbingmemiliki



andilyangcukupbesaruntukmenyelesaikanmasalah.DalamkasussiswaX



berdasarkandata-datayangtelahdiperolehdapatditariksuatukesimpulan



bahwasiswXmengalamimasalahyaituBrokenHome.



Dalamhalinipembimbingmemberikanbantuanuntukmenyelesaikan



permasalahanyangdihadapisiswaX.Yaitudengancaramemberikanarahan



padasiswatersebutuntuksenantiasaberusahabersosialisasidanterbukadengan



temandisekolahnya,lebihmeningkatkankomunikasidenganorangtua,



meningkatkanketaqwaannyasertakeimanannyadanmenyuruhorangtuauntuk



datangkesekolahgunauntukmemberikanmasukanpadanya.



Selainitupembimbingjugamengadakankunjunganrumah(HomeVisit)guna



memberikanarahandanmasukanpadaorangtuaklien.Untuklebihdapat



meluangkanwaktuuntukberkumpuldengananaknya,menjagakomunikasidan



keharmonisandidalamkeluarga,lebihterbukapadaanak,senantiasa



memberikanajaranagamadannorma-normayangberlakudidalammasyarakat.



Berdasarkanlangkah-langkahyangtelahdilakukanolehpembimbingdapat



dinyatakanbahwaklienmampumenyelesaiakanpermasalahannyayakniditandai





dengankliensudahmampumeningkatkanprestasi,mampumelakukanproses



sosialisasidenganteman-teman,sudahbisamengikutikegiatankeagamaan



disekolahnya,sudahmerasanyamandengansuasanadirumah,danmengisi



waktuluanguntukhal-halyangbermanfaat.









SARAN



Berdasarkanmasalahyangdialamiolehklienmakadapatdiberikansaran



sebagaiberikut:



1.Sebaiknyapembimbingsenantiasamemberikanperhatiandankasihsayang



padaseluruhpesertadidiknya.



2.Gurupembimbingsenantiasaselalumemberikanlayananinformasikepada



pesertadidik,sehinggamerekadapatmencegahtimbulnyapermasalahan.



3.Sebaiknyagurupembimbingmemberikanlayananbimbingansecaratepat



denganmenggunakanteknik-teknikyangsesuaipadapesertadidik.



Sehinggapesertadidikmampumengembangkankemampuannyasecara



optimaldanhidupsehat.



4.Gurupembimbingharusselalumengadakankerjasamadengankepala



sekolah,gurukelas,walikelas,orangtua,danmasyarakat.





5.Sebaiknyaorangtuaselalumemberikanperhatiandankasihsayangpada



anak-anaknya.



6.Dalammendidikanaksebaiknyaorangtuamenerapkanpolaasuhyang



demokrasi.



7.Sejakdiniorangtuaharussudahmengajarkannorma-normadanajaran



agamapadaanak.



8.Sebaiknyaorangtuaselalumenjagakomunikasiantaranggotakeluarga,



keharmonisandankehangatandalamkeluarga.





ContohMakalahStudiKasusII





IDENTITAS



1.IdentitasSiswi/Klien



Dalampenyusunanstudikasus,identifikasisiswiyangberkasus(klien)merupakan



tahapawalyangharusdilaluididalamprosespenyusunanstudikasus.Padasaat



inikonselormengamatiklienyangbersekolahdiSMPN1pangkalan,



Kec.Pangkalan.Kab.Karawang.









IdentifikasiDiriSiswa



NamaSiswi:IcihSuningsih



NamaPanggilan:Icih/esih



Kelas:9(Sembilan)B



Tempat/tgl.Lahir:karawang10september1998



Agama:Islam



JenisKelamin:Perempuan



Alamat:DesaWargasetra,Rt03/Rw05.Kec.TegalWaru.



Kab.Karawang



Sekolah:SMPN1Pangkalan.Karawang



Hobby:Olahraga





Jumlahsaudara:3(tiga)



Anakke:2(dua)









KeadaanKesehatan



Penglihatan:Normal



Pendengaran:Normal



Pembicaraan:AgakCedal



Potensijasmani:Normal









FasilitasBelajardanPendukung



Kelengkapanbelajar



Bukupaket:lengkap



Bukucatatan:lengkap



Ruangbelajar:tidakpunya



Bimbingan



Dariayah:pernah



Dariibu:selalu



Darisaudara:selalu



Waktubelajar:-waktubelajarkurangteratur.





belajarjikadisuruhorangtua.



KelakuandanprestasiKlien



Sikappadateman:Cukupbaik,tidakmembeda-bedakanteman.



Sikappadaguru:CukupBaik,tapimasihmerasaseganuntukbertanya.



Prestasi:Kurangbaik/lambat,prestasirendah.









2.IdentifikasiOrangTua



Namalengkap:UjangMuksin



Umur/TTL:39tahun/Karawang,7April1969



Pendidikan:SMP



Pekerjaan:Buruh



Hubungandengananak:Anakkandung



Alamat:DesaWargasetra,Rt03/Rw05.Kec.TegalWaru.



Kab.Karawang



Namalengkap:Dini



Umur/TTL:31tahun/Karawang,28Agustus1977



Pendidikan:SD



Pekerjaan:Iburumahtangga



Alamat:DesaWargasetra,Rt03/Rw05.Kec.TegalWaru.





Kab.Karawang









Perumahan



Klientinggalbersamaayah,ibu,AdikdankakaknyadalamlingkunganDesa



Wargasetra,Rt03/Rw05.Kec.TegalWaru.Kab.KarawangDalamlingkungan



tempattinggalnyatersebuthubunganbertetanggacukupbagus.Halini



mendukungperkembangansosialklienuntukberinteraksidenganlingkungan



masyarakatdisekitartempattinggalsiswaberada.



Tingkatpendidikandanekonomimasyarakatdidesatempattinggalnyatergolong



menengahkebawah.Sebagianbesarwargadidaerahtempattinggalsiswa



bekerjasebagaiburuhserabutandanpetani.





BABII



GambaranMasalah



Dalampenyusunanstudikasus,identifikasisiswayangberkasus(klien)



merupakantahapawalyangharusdilaluididalamprosespenyusunanstudi



kasus.PadasaatinikonselormengamatiklienIcihSuningsihseorangmurid



perempuanyangbersekolahdiSMPN1pangkalandalambeberapaminggu



terakhir(klien)kelihatannyamurungtidakbergairahuntukbelajarbahkanuntuk



beberapanilaipelajarannyaturundisampingitu,anaktersebutcepatmerasa



tersinggungapabiladitegursamatemannyaditambahlagiseringterlambat



masukkelas,olehsalahseoranggurunyasudahdipanggildansudahdi



peringatkannamunbelummembawakanhasil.



Gejala-gejalayangnampakjelaspadadirikliendiantaranyasebagaiberikut:



GejalayangBersifatPositif,



Gejalayangbersifatpositifadalahsikapatauperbuatanyangdapat



membantudanmeningkatkanprosesbelajarmengajarpadadiriklien.Gejala-



gejalatersebutdiantaranya:



Rajinmengikutikegiatansekolah



Tidaksukamembolossekolah



Rajinmengerjakantugas/PR





Gejala-gejalayangBersifatNegatif,



Gejalayangbersifatnegatifadalahsikapatauperbuatanyangkurangbaikdi



tunjukanbeberapamingguterakhir,yangdapatmenggangguprosesbelajar



mengajarpadadiriklien.Gejalatersebutdiantaranya:



Seringterlihatmurung,tidakbergairahuntukbelajar



Cepatmerasatersinggungapabiladitegursamatemannya



SeringterlambatmasukKelas



Beberapanilaipelajarannyaturun



Bertindaksemaunyasendiri



PengumpulanData



Prosespengumpulandatamengenaisiswayangberkasus(klien)dilakukan



denganberbagaipendekatan.Dalamstudikasusinipendekatanataucarayang



digunakanolehkonselordalamrangkapengumpulandatatentangsiswayang



bermasalahialahsebagaiberikut:



BerdasarkanPengamatandiSekolah



Kepribadian:



Sebelumnyapribadi(klien)baik,selalusemangatdalammengikutimata



pelajaran,danbahakannilaipelajarannyabaik,walaupuncenderungmudah





putusasa,kurangtelitidalammengerjakansesuatudansemuakeinginannyaingin



selaludituruti.namunsiswiini(klien)tidakpernahmemilih-milihteman.



TingkahLaku:



Tingkahlakukliendirumahmenunjukkansikapyangcukupbaik.Iajugasangat



patuhterhadapperaturansekolah.Iatermasuksiswayangdisiplinbaikdalam



piketnya,datangkesekolahataumengikutikegiatan-kegiatansekolahlainnya,



ramahterhadaplingkungansekolahmaupundidalamkelas.



PerkembanganJasmani:



Perkembanganjasmanikliencukupbaik.Klienmemilikifisikyangnormaldan



samasepertiteman-temanseusianya,bahkantermasukanakyangcukuplincah



danenergik.



Klienpatuhdanhormatdenganguru-gurudisekolah.:



Dalamkesehariannya,klienterlihatmemilkirasatidakpercayadiriuntuk



mengutarakanisihatinyaketikaadamateripelajaranyangbelumiapahami.Pada



saatgurumemberikesempatankepadasiswauntukbertanyakliencenderung



untukmemilihdiamsaja.Iatidakberaniangkattanganuntukbertanya.





BerdasarkanWawancara



LatarBelakangKeluarga



Berdasarkanwawancaradenganorangtuaklien,klienadalahanakkedua



daritigabersaudara.Ayahnyabekerjasebagaiburuhserabutan.Ibunyasebagai



iburumahtangga.KliendankeluarganyatinggaldilingkungandesaWargasetra,



Kec.TegalwaruKab.Karawang.Rumahnyatergolongsedangdansederhana.Di



dalamlingkungandesatersebutklientidakmengalamihambatandalam



berinteraksidenganlingkungantempattinggalnya,sehinggahubungan



bertetangganyapuncukupbaikdanakrab.



Minat



Minatklienterhadapkegiatansekolahyangberhubungandenganmasalah



pelajarancukupbaikwalaupunsecaraintelektualklientertinggaldenganteman



yanglain-lainnya.Halinidapatdilihatdaripresensiklienyangtidakpernah



membolosdanselalumasuksekolah.



HobiSiswa



Siswamemilikihobibermainvolidirumahmaupunsekolah.Kadangwaktu



luangnyaseringdimanfaatkanataudigunakanuntukbermainvolidaripada



mempelajarikembalipelajaranyangsudahditerangkandisekolah.





DIAGNOSIS



MasalahyangdihadapisiswiSMPsangatlahkompleksdanbanyakfaktor



yangdapatmenyebabkantimbulnyamasalah.Faktortersebutdapatberasaldari



dirisendiri,keluargaataulingkungan.Begitupulayangdialamiklien.Adabanyak



faktoryangmenimbulkanmasalahpadadiriklien,diantaranyaadalahsebagai



berikut:



FaktoryangBerasaldariDiriSendiri



Motivasiyangkurang



Anakkurangmaubekerjakerasagarterbiasadalampelajaran.



Anaktidakmaumenelitikembalihasilpekerjaannya.



Anakterlalumanja.



Semuakeinginanyaharusdipenuhi



FaktordariLingkunganKeluarga



Kurangbimbinganorangtuasaatbelajar.



Terlaludimanjadenganselalumenurutikeinginanklien



Pelanggaran-pelangaranklienkurangmendapattegurandariorangtua.



FaktoryangBersumberdariLingkunganSekolah



Kurangterbukakepadaguru.



Kurangterbukakepadatemansatulingkungansekolah





Sikapmudahputusasadalampelajaranmaupundalamhallain.



Luarsekolahataumasyarakat



Kurangmemanfaatkanwaktuluang,waktuhanyadigunakanuntuk:



NontonTV



Pacaran



Mengikutikemajuantekhnologi



MengikutikemajuanPasion



Daririnciandiatasdapatdisimpulkanberbagaihalyangmenyebabkan



permasalahanpadaklien.Permasalahantersebutberasaldaridirikliensendiri,



keadaankeluargadanlingkungansekitarsangatberpengaruhterhadapsikapdan



dayatangkapbelajarsiswa.Dapatditarikkesimpulanyangterjadipadadiriklien



disebabkanoleh:



Kurangminatbelajar.



Bimbingandariorangtuakurang.



Pengaruhkemajuanteknologi



Anggotakeluargaterlalumemanjakannya.



Keinginannyabelumterpenuhi



Hal-haltersebutberpengaruhterhadapklienyangmenyebabkanklien



kurangtertarikpadapelajarandanmalasbelajaratauberpikiruntukmengerjakan





tugasyangdibebankankepadanya,bahkanuntukberpikirbersosialdenganramah



dilingkungansekolahsajahtidakterjamah.









C.PROGNOSIS



LangkahMemecahkanPersoalanTersebut



Mengajakklienberbincang-bincangmengenaimasalahyangdihadapinya



sehinggamemudahkankonseloruntukmegetahuipribadisiswidanmasalahyang



sedangdihadapinyasertamempermudahmemberikanbantuandanbimbingan.



Memberibimbinganyangluaspadaklienyangberhungandenganpendidikan



sehinggadapatmenimbulkanminatdanmotivasiuntukmeningkatkansemangat



belajardarisiswi/klienyangbermasalahtersebut.



Memberipengarahanpadaklienbahwasikapnyayangsemaunyasendiri



menimbulkankerugianpadadirinyasendirimaupunterhadaporanglaindi



sekitarnya.



Memberikanpengarahandanpenjelasanagarklienmemeperhatikanpenjelasan



dariguru.Sertatidakmudahmenyerahbilamengalamikesulitanbelajar.



Menasehatiklienagartidaktelalumanjapadasiapapunterutamakepadakedua



orangtuasiswa/klienyangbermasalahtersebut.



Menasihatiklienagarlebihrajinbelajar.





Mendatangirumahorangtuanyadengantujuanbersilaturahmidanpenuh



kekeluargaansesuaidenganhaditsRasulluwlohsaw,yangdiriwayatkanoleh



bukhorimuslim,yangartinya:



Barangsiapayangberimankepadaallahdanhariakhir,makahendaklah



memuliaikantetangganya.(BukhoriMuslim)



Setelahbertemudenganorangtuanyyakemudiandipertanyakanperkara



permasalahanyangdihadapiolehanaknya,hanyasajahdalampenyampaiannya



haruspenuhkehati-hatiankhawatirakanorangtuanyatidakmenerima



kedatangankita.Halinitertuangdalamal-quransurahal-maidahayat2yang



artinya:



Dansalingtolongmenolonglahkamusekaliandidalamhalkebaikandantaqwa



danjanganlahsalingtolongmenolongdidalamdosadanpermusuhan(Al-



Maidah:02)



Jadipihakkitaberkewajibanmenanyakanhalikhwalperilakuanaknya



dengankejadiantersebutdapatdiambiljalanpemecahannyasambilmenanyakan



kepadasianakmengapabersikapmurungtakbergairah.Artinyakitabisa



menyikapikarakterristiksianakmengapabersikapmurung,kalaumemangada



permasalahanpribadisianakapayangterjadibisalangsungdipertanyakan,



apabilasianaksecaratertutuptidakbisamengugkapkan,makadicarijalan





denganmenanyakankepadarekan-rekannyabaikdalam1kelas1lingkungan



temandanrekanlain(pacar).Sebabyangmenjadikekhawatiranpihakkitatakut



orangtuanyalangsungmengambiltindakanyangtidakkitainginkankita



mendatangikeluargaaankperempuanitukarnaterdesitdalamsebuahhadits



menyatakan:



Tidaksempurnaimanseseorang,sehinggadiamencintaisaudaranyaituseperti



diamencintaidirinyasendiri.



Jikakitasudahseringberkunjung,akanterbinalahrasakasihsayanghingga



lebihmencintaisaudarakitaitusebagaimanakitamencintaidirikitasendiri.



Selainituwajibbagikitasebagaiorangtuasesuaidenganhaditsrasulluwlohsaw



yangberbunyi:hakdankewajibansebagaiorangtuaadatiga(3),yangpertama



(1)memberinamayangbaguskepadasianakketikadiadilahirkankedua(2),



memberikanilmudenganjalanmenyekolahkandanmemasukankepesantren



tetkaladiaberakal,ketiga(3)menikahkananaknyadenganlaki-lakiatau



perempuanyangsekiranyabaikdalampenilaiankekeluargaan,keagamaandan



ketampananapabiladiasudahmencapaiusiadewasa(Bukhorimuslim).Dalam



menyikapihaliniorangtuawajibselalumengawasidanmemeriksakankeadaan



pribadisianakdalammasadisekolahapabilamenemukansikapanakprilakuyang



berbedadarikebiasaanadatistiadatkebiasaansehari-harinyaperludisikapidan





dipertanyakansebagaicontohyangbiasaprikauhidupnyabersikapbaikdan



sopantapiadaperubahanpadadirinyabersikapacuhtakacuhmakaperludiambil



jalandengancara(1).Menanyakanapayangterjadisesungguhnyapadadirianak



itubilakitaengganuntukmenanyakanlangsungakansikapanaktersebutmaka



kitaberkewajibanbertanyakepadarekan-rekannyasianaktersebut.Denganjalan



demikiankitadapatmengambilsolusidanpemecahanmasalhnyasertaseraya



mendatangipiahaksekolahagarkitaterbebasdaribebansesuai,karnasekolah



merupakanpusatkegiatanmasyarakat.semuakegiatankemasyarakatandapatdi



tanaganididalamnyaolehpungsionalissekolahtermasukpulakenakalanremaja.



Antaraorangtua,lembagamasyrakatdanpungsionalissekolahharussalingbantu



membantudidalammengatasiberbagaipermasalahanremaja.Pembinaan



masyarakatyangsistemmatisdapatdilakukanmelaluipenyiapankader-kader



masyarakat,organisasipemuda,tenagaintelektual,suakrelawandanlain



sebaginya.Semuaituditujukanuntukmeningkatkanpendidikansebaianorang



tuayangbelummengertikewajibannyasebagaiorangtua,sertasebagianremaja



yangbelummengetahuipulatentangkewajibanmerekaterhadapkeduaorang



tuanya,lehkarnaitupadamubaligdanmubaligohsebagaipemberipenyidikandi



masyarakathendaklahdapatmemberikankesankepadapararemajabahwa





agamamerupakankebutuhanutamauntukmenentramkanhatimereka.Sesuai



denganpirmanAllahdidalamsuratArraruayat28yangartinya:



Ingatlahdenganmengingatallahakantentramlahhati(ArRun:28)




BABIII



PENUTUP



Kesimpulan



Masalahyangdihadapisiswidalamkasusiniadalahterlalumanjadansetiap



mempunyaikeinginanharusselaluterpenuhi,mempunyaisikapsemaunya



sendiri,terlebihnyalagisiswitersebutkurangmendapatkanbimbinganbelajar,



danterlaludimanjaolehkeduaorangtuanya.









Saran



Dalammenyelesaikansuatumasalah,haruslahdifikirkandandirencanakan



secaramatang,langkah-langkahyangditempuhharusdilakukandengansabar,



tekundanberkesinambungan.
sumber:http://contohmakalahdocx.blogspot.com/2015/02/contoh-makalah-studi-kasus.html

Contoh Makalah Study Kasus Yang benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: KerstindeBroome

0 komentar:

Posting Komentar